5 Life

Informasi terupdate online di dunia terbaru

Cek Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Natural

Artikel SEO biasa digunakan para penulis untuk mengelola websitenya agar populer dalam mesin pencarian. Namun banyak juga website terkenal yang tidak menggunakan kaidah SEO dalam penulisanya, yakni hanya sekedar menggunakan artikel natural atau artikel biasa. Sehingga perlu diketahui mengenai perbedaan artikel SEO dan artikel natural itu sendiri.

Perbedaan dari kedua artikel tersebut memang terlihat sangat jauh, dimana ketika penulisan artikel SEO yang lebih mengoptimalkan pemakaian keyword, sedangkan pada artikel biasa yang hanya ditulis biasa sesuai konten yang dibutuhkan tanpa mempertimbangkan penggunaan kaidah-kaidah SEO. Selain itu masih banyak perbedaan lain dalam kedua artikel tersebut.

Kedua artikel tersebut sebenarnya memiliki kegunaan masing-masing. Dimana untuk artikel SEO bertujuan untuk memudahkan website ditemukan pada mesin pencarian, sedangkan pada artikel biasa atau artikel natural hanya sekedar untuk menambah wawasan bagi para pembaca tanpa memperdulikan adanya keyword di dalamnya.

Peletakan Keyword

Perlu diperhatikan dalam perbedaan artikel SEO dan artikel natural adalah adanya peletakan keyword pada tiap-tiap website tertentu yang pastinya berbeda. Adakalanya keyword tersebut dicantumkan pada judul, kemudian dapat juga disisipkan melalui paragraf pertama, lalu pada paragraf penutup.

Namun perlu diperhatikan dalam pembuatan artikel SEO jangan hanya terfokus pada kaidah-kaidah SEO tersebut, namun juga mengenai tingkat natural keyword tersebut agar mudah dan nyaman untuk dipahami para pembaca.

Peran penggunaan keyword tersebut sangatlah penting, karena akan lebih mudah ditemukan dalam mesin pencarian. Karenanya, para penulis artikel SEO akan mencantumkan keyword tersebut berulang kali sesuai dengan pemahaman tiap penulis. Jadi tidak ada ketentuan secara umum untuk mencantumkan keyword tersebut berapa kali, kecuali jika untuk memenuhi permintaan yang mengharuskan mencantumkan keyword tersebut berapa kali.

Berbeda halnya dalam penulisan artikel natural yang tidak menggunakan keyword apapun dalam kontenya. Artikel natural ini lebih terfokus dalam substansi isi dari suatu konten sehingga lebih terkesan natural. Namun tidak bisa dipungkiri pada artikel natural yang memiliki kualitas konten yang bagus juga berpotensi mendapatkan peringkat atas pada pencarian Google.

Penggunaan Link Internal dan Eksternal

Seperti yang telah dijelaskan diatas, penulisan artikel biasa yang tidak mengacu sama sekali dengan kaidah SEO menjadikanya lebih mudah serta natural untuk dicerna para pembaca. Demikian halnya mengenai pencantuman link pada atikel SEO yang digunakan untuk mengarahkan pada website yang lain. Link yang digunakan tersebut merupakan link internal dan eksternal.

Internal dan eksternal link tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk link internal biasa digunakan untuk menuju pada halaman lain dalam satu lingkup website, hal tersebut bertujuan agar pembaca mendapatkan referensi bacaan lain di halaman berbeda yang masih berkaitan dengan artikel.

Sedangkan link eksternal adalah tautan yang dicantumkan untuk mengarahkan pada website yang lain. Link eksternal sendiri tersebut berguna menginformasikan adanya sumber lain dari website tertentu.

Lain halnya mengenai tata penulisan artikel natural. Selain tidak menggunakan keyword tertentu, pada penulisan judul dalam artikel natural ini tidak memerlukan adanya kata kunci, hanya ditulis secara natural.

Dan tentu saja mengenai penambahan link, artikel natural hanya sedikit dalam menggunakan link, atau bahkan ada yang tidak mencantumkan sama sekali. Seperti itulah perbedaan artikel SEO dan artikel natural yang masih belum banyak diperhatikan.

Kesimpulan

Perbedaan artikel SEO dan artikel natural sudah terlihat jelas bahwa dalam penulisan artikel SEO cukup sulit jika dibandingkan dengan menulis artikel natural. Dimana harus benar-benar memperhatikan adanya kaidah-kaidah SEO yang ada, selain itu juga ada tantangan tersendiri dalam penulisan artikel SEO yang dapat dengan nyaman dibaca oleh manusia, tidak hanya mudah dideteksi oleh mesin pencarian Google.

Sehingga dalam hal tersebut tidak sedikit para penulis artikel SEO yang menghasilkan tulisan kaku dan kurang nyaman untuk dibaca, dibandingkan dengan artikel natural yang memang lebih terfokus pada isi konten dan lebih terkesan segar dan natural untuk dibaca. Namun juga banyak para penulis SEO yang masih memperhatikan struktur tatanan kata agar nyaman untuk pembaca.

shinta

Kembali ke atas