5 Life

Informasi terupdate online di dunia terbaru

Tips Meningkatkan Skill Menulis Artikel Blog Secara Efektif

Apakah Anda sedang mengembangkan blog pribadi dan membutuhkan konten menarik untuk diposting? Namun tak cukup ahli dalam menulis artikel blog secara efektif? Tentu hal ini cukup menjengkelkan bagi Anda.

Di tengah persaingan peringkat website yang semakin tinggi, memiliki keterampilan membuat konten blog semenarik mungkin merupakan sebuah keharusan. Namun apakah sesulit itu menarik minat pengunjung agar membaca artikel blog?

Nyatanya, membuat postingan semenarik mungkin pada situs pribadi Anda tak sesulit orang lain kira. Asalkan Anda paham betul bagaimana tips dan trik merumuskan tulisan yang menarik, tingkat ketertarikan audiens untuk mau membaca artikel pada blog Anda akan mudah meningkat. Lantas bagaimana tips meningkatkan skill menulis artikel agar efektif?

Mengambil Inspirasi dari Passion Anda

Ketika pertama kali menulis, hal pertama yang Anda rasakan adalah kebingungan menentukan topik. Namun Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Apabila Anda kesulitan menentukan topik bahasan, mengapa tidak memulai dari hal sederhana yang ada pada diri Anda saja?

Mengambil inspriasi dari passion untuk topik menulis artikel blog bisa jadi terobosan unik yang bisa dilakukan. Selain mudah, tentu penulis akan benar-benar menguasai pokok bahasan. Jadi, mulailah menuangkan passion Anda kedalam tulisan. Tentu passion dapat berupa hal apapun, baik hobi, pekerjaan, aktivitas sehari-hari, maupun kegiatan menarik lainnya.

Tidak Bertele-tele Saat Menulis Artikel Blog

Semakin banyak jumlah kata pada suatu artikel, semakin tinggi pula kemungkinan pembaca merasa jenuh. Maka dari itu sangat penting bagi para penulis untuk membuat tulisannya tetap sederhana dan pendek. Meskipun menerapkan prinsip “keep it short” tetap saja substansi artikel harus tepat dan sesuai dengan topik yang dibahas.

Artikel dengan kualitas baik biasanya tak terlalu pendek namun juga tak terlalu panjang. Anda dapat memberikan patokan tertentu terkait jumlah maksimal penggunaan kata, seperti 500 atau 600 kata. Pastikan juga isi bahasan tidak bertele-tele dan to the point.

Membuat Tulisan Tetap Sederhana

Meskipun pada dasarnya artikel dibuat untuk menyajikan informasi bagi pembaca, namun tak semua audiens memiliki tingkat ekspertasi sama. Selain range usia, tingkat pendidikan setiap pembaca yang mengunjungi blog Anda juga berbeda.

Untuk membuat postingan Anda tetap dikunjungi oleh banyak audiens, pastikan artikel Anda ditulis dengan bahasa sederhana. Hal ini turut membantu Anda menghindari kemungkinan rendahnya angka kunjungan karena pemakaian diksi yang terlalu rumit.

Mengoreksi Kesalahan Setelah Tulisan Selesai Dibuat

Umumnya penulis blog menggunakan metode general dalam menulis artikel blog, yakni menuangkan seluruh ide terlebih dahulu tanpa memerhatikan benar salahnya tanda baca. Cara ini memang terbilang efektif, namun seringkali kita dapati postingan blog yang masih terdapat kesalahan tanda baca atau typo di beberapa bagian.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, pastikan Anda melakukan koreksi pada tulisan ketika sudah selesai dibuat. Selain itu, untuk menghemat waktu, penulis juga bisa memanfaatkan tools koreksi tulisan gratis yang sudah banyak tersedia di internet.

Meminta Pendapat Orang Lain

Pada akhirnya hasil tulisan Anda tak selamanya memuaskan. Alih-alih harus stagnan dengan topik, substansi, serta gaya yang begitu-begitu saja, alangkah baiknya penulis juga membuka kritik selebar-lebarnya dari pembaca. Selain menerima kritikan dan saran dari pembaca, Anda juga bisa meminta bantuan orang lain yang sudah ahli untuk mengkritik tulisan Anda.

Jika Anda adalah seorang pemula dan tertarik mengembangkan keterampilan di dunia kepenulisan, tak ada salahnya mencoba tips di atas bukan? Tak semudah yang dibayangkan, menulis artikel blog nyatanya butuh ketekunan serta passion yang tinggi. Jadi, jaga terus konsistensi dalam menulis!

shinta

Kembali ke atas